Sabtu, 09 Juni 2012

Tips dan Trik Masuk Universitas Negeri Melalui Jalur Tes SNMPTN

Assalamualaikum. , Wr.Wb.
Bagi pelajar siswa/i yang sudah lulus Ujian Nasional tingkat SMA dan SMK pasti ada niat ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi terutama yang NEGERI, tapi untuk bisa lulus ke perguruan tinggi yang kalian inginkan tidaklah mudah, kalian harus bisa bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang dan melewati yang namanya test Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kecuali yang bebas test. Nah, untuk itu aku pengen berbagi pengalaman dengan kalian yang berminat masuk Universitas Negeri melalui Test SNMPTN dengan cara belajar ONLINE.

Ok langsung ke TKP. . !
1. Harus punya email yang masih aktif
2. Buka situs MASUKNEGERI.COM
3. Buat akun dengan melakukan registrasi (sama kyak waktu buat akun facebook).
4. Login dengan memasukan email dan password
5. Setelah berhasil login, kalian akan menemui beberapa pilihan menu yang berada paling atas ada home, profil, rekor, pembahasan soal, latihan, tryout, evaluasi. Ada baiknya isi data profil kalian terlebih dahulu.
6.kalian otak-atik sendiri pilihan menu trsbt yg terpenting pelajari menu latihan dan pembahasan soalnya karna soal yang kalian hadapi saat Ujian SNMPTN hampir sama dengan soal yang ada di situs masuknegeri.com trus kalo perlu ikut tryoutnya jika masi ada.
7. Perlu kalian ketahui bahwa pada saat Ujian SNMPTN sedang berlangsung tidak ada bantuan baik itu dari pengawas ataupun dari orang lain pokoknya kerja sendiri-sendiri makanya perbanyaklah latihan soal-soal, kalo perlu tiap hari sebelum Ujian SNMTPN tiba.
8. Usahakan kuasai soal dan jawaban (langkah kerjanya) yang Tes Potensi Akademik (TPA) karna menurutku inilah soal yang paling gampang dan penentu untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tapi jangan lupa pelajari soal yg lain seperti Bhs.Indo, Matematika, dll. buat jaga-jaga.
9. Nah, setelah kalian belajar lewat situs masuknegeri.com kini tiba saat Ujian SNMPTN. Hal yg harus di kerjakan:

  • Perlu di ketahui tentang penilaian jawaban bahwa jika jawaban benar mendapat point 4, kalau jawaban salah pointnya di kurangi 1 dan kalau tidak menjawab pointnya 0.
  • Terlebih dahulu jawablah soal yang kalian anggap mudah.
  • Usahakan menjawab soal dengan cepat kalo perlu secepat kilat karna waktu yang diberikan oleh pengawas sangat terbatas sedang soalnya banyak (kalo tidak salah soal untuk Tes Potensi Akademik (TPA) ada sekitar 75 nomor) tapi pastiin dulu jawabannya benar jangan asal jawab.
  • Setelah menjawab soal yang menurut kalian gampang berarti tinggal soal yang sulit. Nah untuk soal yang sulit atau sama sekali kalian tidak bisa menjawabnya saranku jawab aja sekitar 5 atau 10 nomor dengan filing kalian masing-masing tapi jangan di jawab lebih dari 10 nomor entar kalo salah pointnya bisa di kurangi 1 nah kalo yang salah 10 nomor pointnya dikurangi 10 wah bisa rugi (hehee).

Ok., sekian dari saya semoga postingan ini bermanfaat bagi pembacanya.

Wassalam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar